Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit, untuk mengetahui pengaruh
fasilitas terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit, dan untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasaan pasien Rumah Sakit dr. GL.
Tobing PTPN II Tanjung Morawa. Teknik sampling yang digunakan adalah
accidental sampling. Accidental sampling adalah teknik pengambilan sampel
berdasarkan kebetulan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
sebanyak 50 pasien rawat inap yang melakukan pengobatan di Rumah Sakit dr.
GL. Tobing.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas
data yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item
Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis
dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap terhadap kepuasaan pasien rawat inap pada Rumah Sakit dr.
GL. Tobing yang artinya bahwa bila kualitas pelayanan yang baik maka akan
meningkatkan kepuasaan pasien rawat inap pada Rumah Sakit dr. GL. Tobing.
Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasaan pasien rawat inap
pada Rumah Sakit dr. GL. Tobing yang artinya bahwa bila fasilitas yang baik
maka akan meningkatkan kepuasaan pasien rawat inap pada Rumah Sakit dr. GL.
Tobing. Dan secara simultan kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh
signifikan terhadap kepuasaan pasien rawat inap pada Rumah Sakit dr. GL.
Tobing yang dapat dikategorikan kuat.