Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh citra
merek terhadap keputusan pembelian toko online Shopee pada Universitas
Muhammadiah Sumatera Utara, mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap
keputusan pembelian toko online Shopee pada Universitas Muhammadiah
Sumatera Utara dan mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas layanan
terhadap keputusan pembelian toko online Shopee pada Universitas
Muhammadiah Sumatera Utara. Adapun pendekatan penelitian ini yaitu
pendekatan asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tahun angkatan 2017 dengan waktu
penelitian selama 10 hari dengan 10 orang setiap harinya. Teknik pengumpulan
data penelitian ini yaitu angket dengan teknik analisis data yaitu regresi berganda.
Tidak ada pengaruh citra merek secara parsial terhadap keputusan
pembelian di Toko Online pada Konsumen Shopee di Universitas Muhammadiah
Sumatera Utara, hal ini diketahui harga thitung variabel citra merek sebesar 1,022
yang dibandingkan sebesar 1,66159 maka 1,458 < 1,66159 yang berarti variabel
citra merek tidak memiliki hubungan yang nyata (signifikan) dengan variabel
keputusan pembelian. Selain itu ada pengaruh kualitas layanan secara parsial
terhadap keputusan pembelian di Toko Online pada Konsumen Shopee di
Universitas Muhammadiah Sumatera Utara, hal ini diketahui harga thitung variabel
kualitas layanan sebesar 14.429 yang dibandingkan ttabel sebesar 1,66159 maka
14.429 > 1,66159 yang berarti variabel kualitas layanan memiliki hubungan yang
nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian. Selanjutnya ada
pengaruh citra merek dan kualitas layanan secara simultan terhadap keputusan
pembelian di Toko Online pada Konsumen Shopee di Universitas Muhammadiah
Sumatera Utara, hal ini diketahui dari harga Fhitung = 147.679 yang dibandingkan
Ftabel sebesar 3,09 maka 147.679 > 3,09 yang artinya variabel citra m.erek dan
kualitas layanan secara simultan memiliki hubungan yang nyata (signifikan) atau
berpengaruh positif dengan variabel keputusan pembelian.