Abstract:
Penelitian skripsi ini mendeskripsikan kesalahan kata berimbuhan dalam teks
negosiasi siswa Kelas X MAS Aisyiyah Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Target dari penelitian ini berjumlah 19 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
kualitatif dengan prosedur kerja melihat, mengamati, mengklasifikasikan,
membedakan, dan mendeskripsikan kesalahan yang terjadi dalam penulisan kata
teks negosisasi. Model analisis deskriptif kualitatif inilah yang menjadi pilihan
dalam menyajikan data, kemudian menganalisisnya dan mendeskripsikan
kesalahannya.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat kesalahan
penulisan afiksasi pada penulisan teks negosiasi siswa. Kesalahan penulisan
afiksasi ini meliputi kesalahan penulisan prefiks, sufiks dan konfiks. Pemicu
kesalahannya adalah imbuhan yang digunakan siswa ditulis terpisah dengan kata
dasar atau unsur gabungan kata, seharusnya ditulis secara serangkai dengan
bentuk dasarnya
Kata Kunci: Analisis kesalahan Afiksasi, Bahasa Indonesia, Teks Negosiasi