Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisa
pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan nasabah pada PT.
Asuransi Jiwasraya (persero) cabang medan utara; 2) Untuk mengetahui dan
menganalisa pengaruh customer relationship management yang berkaitan dengan
teknologi, proses, dan sumber daya manusia terhadap kepuasan nasabah pada PT.
Asuransi Jiwasraya (persero) cabang medan utara. penelitian ini menggunakan
penelitian asosiatif dan pendekatan kuantitatif, dalam penelitian ini data di
kumpulkan dengan alat bantu berupa kuesioner terhadap 100 nasabah, dengan tujuan
untuk mengetahui tanggapan nasabah terhadap masing-masing variabel. Teknik
pengumpulan data berupa menyebar kuesinoner kepada nasabah kemudian data yang
sudah dikumpulkan di analisa menggunakan program aplikasi SPSS (statistical
product and service solutions) versi 22.0 (2019). Analisis yang digunakan meliputi
uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi (uji normalitas, uji
multikolinearitas uji heteroskedastisitas), analisis regresi berganda meliputi (uji t, uji
F, koefisien determinasi). Berdasarkan hasil uji parsial dapat diketahui bahwa
variabel X1 customer relationship management dimensi teknologi terhadap kepuasan
nasabah bahwa thitung sebesar 1.245 < dari ttabel 1.982 dan mempunyai angka
signifikan sebesar 0.261 < 0.05. variabel X2 customer relationship management
dimensi proses terhadap kepuasan nasabah bahwa thitung sebesar 3.895 > dari ttabel
sebesar 1.982 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05.
Variabel X3 customer relationship management dimensi SDM terhadap kepuasan
nasabah bahwa thitung sebesar 3.885 > dari ttabel sebesar 1.982 dan mempunyai
angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05. berdasarkan uji simultan pengaruh customer
relationship management terhadap kepuasan nasabah adalah bahwa Fhitung sebesar
31.522 sementara Ftabel sebesar 3.94 dan mempunyai angka signifikan sebesar
0.000 < 0.005 atau 5%. Hal ini Artinya adanya pengaruh positif dan signifikan antara
customer relationship management secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah
pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Medan Utara. Dengan nilai koefiesien
determinasi yang diperoleh sebesar 0.496 hal ini berarti 49.6 % variasi variabel
kepuasan Nasabah (Y) ditentukan oleh variabel independent yaitu Customer
Relationship Management (X1). Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti.