Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Sales
Growth, Net Profit Margin (NPM), dan Return On Asssets (ROA) Terhadap
Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan
Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan
Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI),
dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 5 perusahaan. Periode
pengamatan yang dilakukan selama 6 tahun yaitu dimulai dari tahun 2012 sampai
dengan tahun 2017. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang
diperoleh langsung berupa laporan keuangan yang diperoleh dari situs
www.idx.co.id. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis
statistik yaitu : uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis
serta koefisien determinasi dengan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara parsial Sales Growth memiliki pengaruh yang positif
dan tidak signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik
dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
(BEI) sedangkan Net Profit Margin dan Return On Assets memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor
Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI). Secara simultan Sales Growth, Net Profit Margin (NPM), dan
Return On Asssets (ROA) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan
Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 20122017