Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek
terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk
terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan
kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario pada mahasiswa
fakultas ekonomi dan bisnis di universitas muhammadiyah sumatra utara.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis ( khususnya bagian prodi
manajmen) di universitas muhammadiyah sumatra utara yang berjumlah 2369 orang, sedangkan
sempel yang memenuhi kriteria penarikan sempel pengamatan yang dilakukan berjumlah 96
orang dengan menggunakan rumus slovin. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tehnik angket. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Asumsi
Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis ( Uji t dan Uji F),dan Koefisien Determinasi.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software spss (Statistic Package
For The Social Scient) versi 24.00.
Secara parsial diketahui bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di
Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Secara parsial diketahui bahwa kualitas produk
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Vario pada
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Secara
simultan diketahui citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
Keputusan Pembelian Honda Vario pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas
Muhammadiyah Sumatra Utara