Abstract:
Percaya diri adalah keyakinan tentang harga
diri dan kemampuan sendiri.Dimana dengan adanya keyakinan dan kemampuan yang dimiliki,
seseorang dapat melakukan sesuatu dengan benar dan bertanggung jawab dalam mengambil
keputusan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap
kegiatan siswa dalam merespon pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3
Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, yang beralamat berada di Jl. Melati 13 Blok X
Kecamatan Helvetia Medan, Kota Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan teknik
product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka di peroleh hasil pengujian korelasi rxy =
0,982 lebih besar dari rtabel = 0,304 (0,982 > 0,304 dari hasil tersebut menunjukkan bahwa
kepercayaan diri berpengaruh terhadap kegiatan siswa dalam merespon pembelajaran. Dari hasil
penelitian di peroleh thitung = 34,804 sedangkan ttabel = 2,021.