Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan strategi pemasaran
melalui bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P yang diterapkan oleh PT.
Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Medan apakah sudah mampu bersaing di
pasar, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini
dilakukan perusahaan yang menggeluti dibidang asuransi yaitu pada PT. Asuransi
Umum Bumiputera Muda 1967 Medan. Teknik pengumpulan data penelitian ini
yaitu observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh
dari hasil data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan
adalah anilis deskriptif yang menjelaskan kondisi yang terjadi sebenarnya secara
konkret dan nyata serta mengklarifikasikan data hasil penelitian.
Hasil penelitian deskriptif ini adalah penjualan yang tidak stabil dan
cenderung menurun setiap tahunya pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda
1967 Medan disebabkan oleh kurang maksimalnya beberapa peran bauran
pemasaran jasa (marketing mix) 7P yang diterapkan PT. Asuransi Umum
Bumiputera Muda 1967 Medan. Peranan strategi pemasaran jasa melalui bauran
pemasaran jasa (marketing mix) 7P yang diterapkan PT. Asuransi Umum
Bumiputera Muda 1967 Medan dari aspek produk (product) yang ditawarkan
sudah mampu bersaing di pasar dan cukup baik, aspek harga (price) sudah
mampu bersaing dipasar, aspek saluran distribusi (place) masih belum maksimal
juga masih ada kekurangan, aspek promosi (promotion) masih kurang maksimal
dan masih memakai cara lama, aspek orang (people) cukup baik, aspek proses
(process) sudah cukup baik, aspek bukti fisik (physical evidence) masih kurang
baik di era persaingan pasar yang ketat.