Abstract:
Citra merek dan periklanan merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi
keputusan pembelian, semakin kuat citra merek yang dimiliki dan didukung
periklanan yang menarik dan persuasive, maka akan dapat memberikan dorongan
kepada konsumen dalam memberi keputusan pembelian pada produk yang
dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh citra
merek terhadap keputusan pembelian dan pengaruh periklanan terhadap keputusan
pembelian serta apakah ada pengaruh secara simultan antara citra merek dan
periklanan terhadap keputusan pembelian produk Vaseline pada Mahasiswa
UMSU. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa non Kedokteran
UMSU.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin
dengan hasil 100 responden yang menjadi sampel. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan koefesien
determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel periklanan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji secara
simultan variabel citra merek dan periklanan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian.