Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui apakah pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli pada rumah makan padang panjang dan
seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik Accidental Samling teknik penetuan sampel berdasarkan kebetualan iyaitu
siapa saja yang secara kebetuan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai
sampel atau sumber di rumah makan padang panjang demikian sampel yang
dilakukan sebanyak 40 orang pelanggan rumah makan padang pajang, teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji vadilitas dan
reliabilitay.teknik analisis data menggunkan regrensi linear berganda, uji asumsi
kelasik, uji t, uji f, dan koefisien determinan.Hasil persamaan regensi berganda
Y=11,333+ 0,437X1+ 0,300X2 , Hasil uji t memperlihatkan Pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli pada ruamah makan
padang panjang, Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli
pada rumah makan padang panjang. Hail uji F Pelayanan dan lokasi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Minat beli pada rumah makan padang panjag, nilai
R square sebesar 0.610 (61,0%). Hasil ini menunjukkan bahwa 61,0% variabel
minat beli dapat dijelaskan oleh variabel pelayanan dan lokasi. Sedangkan sisanya
39% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.