Abstract:
Keputusan pembelian adalah tahap selanjutnya setelah adanya niat atau
keinginan membeli, namun keputusan pembelian adalah tidak sama dengan
pembelian yang sebenarnya(actual purchase). citra merek adalah asosiasi atau
kepercayaan yang ada dalam benak konsumen untuk menjadi pembeda dari
merek yang lainnya seperti lambang ,desain huruf atau warna khusus. Harga
adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam
satuan moneter.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari setiapvariabel
yang penulis teliti dan yang menjadi manfaat dalam penelitian ini adalahuntuk
memperluas pengetahuan penulis
tentang pemasaran khususnya
tentang Citra Merek, Harga dan Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa UMSU.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis
UMSU dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F, koefisien
determinasi.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama
Citra Merek dan Harga berpngaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Hasil uji t variabel Citra merek thitung 5,427 > ttabel 1, 985artinya ada pengaruh
signifikan variabel Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian
Nilai variabel Pengawasan Harga thitung 2,176 > 1,985, artinya ada pengaruh
signifikan antara variabel Harga terhadap Keputusan pembelian. Nilai uji F
diperolehFhitung 34,002 > f-tabel =3,09 artinya citra merek dan harga berpengaruh
secarasignifikan terhadap keputusan pembelian..Nilai koefesien determinasi 0,425
atau senilai 42,5% besaran nilai persentase yang mempengaruhi variabel bebas
terhadap variabel terikat sedangkan sisanya 48,4 % dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak di teliti dalam penelitian ini.