Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum
memahami kemampuan dalam perencanaan karir yang dimilikinya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan konseling individual
untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XI AK SMK
Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI AK SMK BudiSatrya Medan yang berjumlah sebanyak 2
orang. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
observasi dan wawancara yang sesuai dengan menggunakan layanan konseling
individual untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa. Adapun
teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian
dapat diketahui bahwa penerapan layanan konseling individual untuk
meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa sudah digunakan seiring
pembiasaan siswa dalam kegiatan proses belajar. Dengan adanya layanan
tersebut, masalah anak yang mengalami kurang memahami kemampuan
perencanaan karir sudah mulai paham terhadap kemampuan perencanaan karir nya
sendiri dengan baik khususnya pada kelas XI AK SMK Budi Satrya Medan
tahun pembelajaran 2018/2019.