Abstract:
Keputusan pembelian adalah tahap selanjutnya setelah adanya niat atau keinginan untuk membeli. Keputusan pembelian merupakan sebuah proses dimana konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi mengenai produk atau merek tertentu dan mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif tersebut dapat memecahkan masalahnya, yang kemudian mengarah pada keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Penelitian ini menggunakan teori Manajemen Pemasaran yang berkaitan dengan Kualitas Produk, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan populasi konsumen yang menggunakan tupperware pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Yang menjadi sampel sebanyak 50 orang konsumen karena penulis menggunakan quota sampling. Teknik pengumpulan data wawancara dan kuisioner yang diuji validitas dan realiabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R-Square) penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi hasil penelitian dari hasi uji penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan variabel citra merek secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji secara simultan variabel kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.