Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
meningkatkan pemahaman diri siswa melalui layanan konseling individual pada
kelas X SMA Pab 4 sampali Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman diri siswa melalui layanan
konseling individual kelas X SMA Pab 4 Sampali Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas X sebayak 2
orang siswa yang kurang memiliki pemahaman diri siswa. Dan yang menjadi
penelitian ini adalah Guru bimbingan dan konseling dan seluruh siswa
instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah di lakukan di SMA
Pab 4 Sampali Medan dapat di ketahui, bahwa pelaksanaan bimbingan dan
konseling sudah berjalan dengan baik di karenakan hampir semua layanan-
layanan bimbingan dan konseling sudah pernah dilaksanakan, namun pelaksanaan
konseling individual dalam menangani siswa yang yang memiliki kurangnya
pemahaman diri siswa masih jarang di laksanakan.