Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh produk terhadap keputusan nasabah, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan nasabah, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah, untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh tempat terhadap keputusan nasabah, untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh karyawan terhadap keputusan nasabah, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh bukti fisik terhadap keputusan nasabah,
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh proses terhadap keputusan nasabah
dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga, promosi,
tempat, karyawan, bukti fisik dan proses terhadap keputusan nasabah AJB
Bumiputera 1912 Cabang Medan.
Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan AJB Bumiputera 1912
Cabang Medan, dengan sampel sebanyak 100 nasabah. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket (kuesioner).
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda,
asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinan.
Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
produk terhadap keputusan nasabah yang artinya apabila makin tinggi produk
maka akan tinggi keputusan nasabah, dan harga juga memiliki pengaruh negative
yang artinya makin tinggi harga maka akan menurun keputusan nasabah, dan
promosi juga memiliki pengaruh yang positif yang artinya makin tinggi promosi
maka akan tinggi keputusan nasabah, dan tempat juga memiliki pengaruh positif
yang artinya makin tinggi tempat maka akan tinggi keputusan nasabah, dan
karyawan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah, dan bukti fisik
juga tidak terdapat pengaruh, selanjutnya proses memiliki pengaruh yang positif
terhadap keputusan nasabah yang artinya makin tinggi proses maka akan tinggi
keputusan nasabah, secara simultan menunjukkan bahwa bauran pemasaran
terhadap keputusan nasabah AJB Bumiputera 1912 Cabang Medan memiliki
pengaruh yang signifikan, Selanjutnya nila variabel-variabel lain yang tidak
diteliti oleh penelitian ini, misalnya iklan, kualitas pelayanan dan variabel lainnya