Abstract:
Pegawai yang kompeten merupakan asset penting yang wajib dimiliki dan dijaga bagi
suatu organisasi untuk mencapai tujuan. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan yaitu,
meningkatkan produktivitas kerja karyawan, dengan lingkungan kerja dan komunikasi yang
handal dan semangat serta memiliki prestasi yang tinggi dan rendah
Tujuan penelitian ini untuk pengetahuan dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja,
kedisiplinan dan komunikasi terhadap produktivitas kerja PDAM Tirtanadi kantor Medan,
semua variabel tersebut yang menjadi alat ukur penulis untuk mengetahui nilai
produktivitas kerja. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan asosiatif dan kuantitatif,
tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket. Tehnik
analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji
Normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heterokedastisitas, uji T, uji F dan koefisien
Determinasi dengan spss 22.0
Secara parsial, lingkungan kerja dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan
terhadap poduktivitas karyawan di PDAM Tirtanadi Medan. ini menunjukan bahwa
kedisiplinan karyawan dan kesadaran karyawan dalam mentaati peraturan-peraturan yang
telah ditentukan guna menciptakan produktivitas kerja belum efektif. komunikasi dalam
penelitian ini tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja
karyawan PDAM Tirtanadi Medan. Hasil ini menunjukan bahwa komunikasi dan hubungan
yang terjalin antara karyawan dalam memahami infomasi yang diberikan belum dapat
meningkatkan produktivitas kerja. Secara simultan, terdapat pengaruh antara lingkungan
kerja, kedisiplinan dan komunikasi terhadap produktivitas kerja karyawan di PDAM
Tirtanadi Medan. Hasil ini menunjukan bahwa jika lingkungan kerja nyaman dan aman,
karyawan disiplin dalam bekerja dan terjalin komunikasi yang efektif maka produktivitas
kerja karyawan juga akan mengalami peningkatan