Abstract:
Minat beli adalah sebuah perilaku konsumen dimana konsumen mempunyai
keinginan dalam membeli atau memilih suatu produk berdasarkan penagalaman
dalam memeilih, menggunakan dan mengkonsumsi atau bahkan menginginkan
suatu produk. Banyak faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen
diantaranya daya tarik iklan dan celebrity endorse. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli,
pengaruh celebrity endorse terhadap minat beli serta pengaruh daya tarik iklan
dan celebrity endorse terhadap minat beli smartphone vivo studi pada mahasiswa
UMSU. Adapun sampel yang dilakukan dalam penelitian ini dengan
menggunakan teknik accidental sampling adalah sebanyak 70 responden yang
merupakan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara. Hasil ini dikumpulkan melalui kuesioner, yang diproses dan dianlisis
menggunakan multiple linear regression (regresi linear berganda). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa secara pasif dan simultan daya tarik iklan
dan celebrity endorse berpengaruh positif terhadap signifikan dan minat beli
smartphone vivo pada mahasiswa Umsu.