Abstract:
Keputusan pembelian adalah suatu bagian pokok dari perilaku konsumen yang
mengarah kepada pembelian produk barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan
mereka baik dengan membayar atau menekarakan barang yang mereka miliki.
Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya Promosi dan
Kualitas Produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh Promosi terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh kualitas produk
terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan di Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, sedangkan sampel yang memenuhi
kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 100 orang dengan
menggunakan Quota Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang
diuji Validitas dan Reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan
Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Pengujian Hipotesis (Uji T dan Uji F), dan
Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial
Promosi berpengaruh signifikan dan dominan terhadap Keputusan Pembelian, dan
Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara
simultan Promosi dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian.