Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya, berkembang atau
tidaknya pengaruh sebuah model pembelajaran kooperative tipe Teams Games
Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar terkhusus pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pada penelitian tersebut penulis menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui selisih nilai dan juga untuk menyelesaikan uji normalitas, homogenitas serta linearitas, sedangkan untuk menghitung nilai keaktifan itu sendiri penulis memilih menggunakan uji mancova. Hasil pada penelitian pada uji normalitas adalah 0,007 dan 0,023 pada pretest dan posttest kelas eksperimen yang mana melebihi taraf signifikan >0,005 yang berarti normal. Pada hasil penelitian uji homogenitas adalah bernilai sig 0,118, karena 0,118 > 0,05 maka uji homogenitas dapat dikatakan homogen. Pada hasil uji linearitas nilai Sign. 0,014>0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier pada data tersebut. Pada hasil uji mancova bahwa interaksi antara keaktifan memiliki signifikasi pada Y1 dan Y2 sebesar 0,220 dan 0,207 serta hasil output dapat dilihat bahwa nilai Wils Lambda sebesar 0,976dan signifikasi sebesar 0,454 dimana < dari sehingga H0 diterima dan berarti bahwa perlakuan memiliki kesamaan kemiringan regresi. Hasil akhir yang diperoleh adalah adanya pengaruh model pembelajaran kooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan matematika di SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala Tahun Pelajaran 2019/2020.