Research Repository

Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala tahun pelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Pitdianti, Nova
dc.date.accessioned 2020-10-24T02:59:43Z
dc.date.available 2020-10-24T02:59:43Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6009
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya, berkembang atau tidaknya pengaruh sebuah model pembelajaran kooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar terkhusus pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pada penelitian tersebut penulis menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui selisih nilai dan juga untuk menyelesaikan uji normalitas, homogenitas serta linearitas, sedangkan untuk menghitung nilai keaktifan itu sendiri penulis memilih menggunakan uji mancova. Hasil pada penelitian pada uji normalitas adalah 0,007 dan 0,023 pada pretest dan posttest kelas eksperimen yang mana melebihi taraf signifikan >0,005 yang berarti normal. Pada hasil penelitian uji homogenitas adalah bernilai sig 0,118, karena 0,118 > 0,05 maka uji homogenitas dapat dikatakan homogen. Pada hasil uji linearitas nilai Sign. 0,014>0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier pada data tersebut. Pada hasil uji mancova bahwa interaksi antara keaktifan memiliki signifikasi pada Y1 dan Y2 sebesar 0,220 dan 0,207 serta hasil output dapat dilihat bahwa nilai Wils Lambda sebesar 0,976dan signifikasi sebesar 0,454 dimana < dari sehingga H0 diterima dan berarti bahwa perlakuan memiliki kesamaan kemiringan regresi. Hasil akhir yang diperoleh adalah adanya pengaruh model pembelajaran kooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan matematika di SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala Tahun Pelajaran 2019/2020. en_US
dc.subject Keaktifan en_US
dc.subject Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.title Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala tahun pelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account