Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kecerdasan emosional
terhadap kepuasan kerja pada PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan
Medan ; (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap semangat kerja pada PT.
PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Medan; (3) Pengaruh semangat kerja
terhadap kepuasan kerja pada PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan
Medan dan (4) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja yang
dimediasi oleh semangat kerja pada PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan
Medan. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
sumbangan pemikiran dalam memperkaya wawasan konsep pengetahuan
khususnya yang terkait dengan analisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap
kepuasan kerja dengan semangat kerja sebagai veriabel mediasi.
Penelitian ini termasuk penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif dan
assosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 pegawai yang ditentukan
dengan menggunakan teknik sampel jenuh, Analisis yang digunakan meliputi uji
validitas, uji reliabilitas, teknik analisis jalur, uji asumsi klasik dan uji hipotesis
dengan bantuan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kecerdasan emosional berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada PT. PLN (Persero) Unit
Pelayanan Pelanggan Medan; (2) kecerdasan emosional berpengaruh signifikan
terhadap semangat kerja pada PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan
Medan; (3) semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pada
PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Medan; dan (4) kecerdasan
emosional berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja tanpa harus melalui
semangat kerja. Dengan adanya semangat kerja bukan variabel mediasi yang
mengantarai hubungan kecerdasan emosional dengan kepuasan kerja.