Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Diskon terhadap Keputusan Pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian, dan untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh Diskon dan Impulse Buying terhadap Keputusan
Pembelian Online Shop Shopee baik secara parsial maupun simultan pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dan asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis
(Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens)
versi 22.00. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebanyak 4.562 orang
dari tahun 2015-2018 yang masih aktif sedangkan sampel yang memenuhi kriteria
penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 98 orang dengan
menggunakan Teknik teknik accidental sampling atau sampel kebetulan yaitu
siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara Parsial Diskon
berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan Impulse Buying ada
pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Secara Simultan Diskon dan Impulse
Buying berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian sehingga terdapat pengaruh
signifikan antara diskon dan impulse buying dengan keputusan pembelian.