Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran ekonomi
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Yayasan Nurul
Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 106 orang,
sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode
total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket
dan dokumentasi. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus kolerasi
product moment. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif dan analisis inferensial.
Bedasarkan hasil analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
untuk penggunaan buku LKS diperoleh nilai rata-rata 56,23 berada pada kategori
Baik di peroleh nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 31. Dan untuk hasil belajar
ekonomi pada peserta didik kelas XI dapat dilihat dari daftar nilai siswa yang
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Diperoleh nilai persentase 46%
pada interval 66-77 tergolong sedang dengan nilai tertinggi 98 dan terendah 55.
Adapun hasil analisis inferensial pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa
(LKS) terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persamaan regresinya
Y=78,554+(-0,084X) diperoleh nilai t hitung =-1,087, t tabel = 1,983 karena t hitung < t
tabelsehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan buku lembar kerja siswa (LKS)
terhadap hasil siswa kelas XI IPS SMA Swasta Yayasan Nurul Amaliyah Tanjung
Morawa.