Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan smartphone terhadap minat dan hasil belajar siswa SMK Swasta
Bina Taruna 2 Medan Tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Popolasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah 108 orang,
sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode
total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket
dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket menggunakan rumus
korelasi product moment, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur
(path analysis), uji t dan uji R2
.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22,
diperoleh persamaan regresi analisis jalur Y2 = 1,969 + 0,247X + 0,341Y1 + e
selanjutnya variabel penggunaan smartphone (X) memiliki pengaruh positif
secara parsial terhadap minat belajar (Y1) dengan nilai thitung > ttabel (2,139 >
1,659). Sementara minat belajar (Y1) juga memiliki pengaruh yang positif
terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel (2,958 > 1,659) dan secara tidak
langsung penggunaan smartphone melalui minat belajar memiliki pengaruh yang
positif terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (1,784 > 1,659).
Persentase sumbangan pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar
adalah sebesar 44%, Persentase sumbangan pengaruh minat belajar terhadap hasil
belajar adalah sebesar 38%, Persentase sumbangan pengaruh penggunaan
smartphone terhadap hasil belajar melalui minat belajar adalah sebesar 28%.
Adanya penggunaan smartphone secara efektif akan membuat siswa lebih
giat untuk belajar lagi. Selain itu adanya kebersamaan antara pihak sekolah dan
orangtua sangat perlu adanya untuk mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa
dirumah dan disekolah.