Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan
model pembelajaran Inside Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas XI SMK PAB 3 MEDAN ESTAE Tahun PeLajaran
2018/2019? Apakah ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK
PAB 3 MEDAN ESTAE Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model
pembelajaran Inside Outside Circle? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran
Inside Outside Circle pada pokok bahasan mengelola kartu aktiva tetap di kelas
XI SMK PAB 3 MEDAN ESTATE. Dan untuk mengetahui ada peningkatan hasil
belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside
Circle dikelas XI SMK PAB 3 MEDAN ESTATE Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle Instrumen penelitian yang
digunakan berupa tes dan observasi (pretest dan Post test), Tes adalah alat atau
prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa
yang berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan adalah observasi akivias
kegiatan siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam proses
pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat dilihat bahwa ada
peningkatan hasil belajar siswa pada test awal siswa yang tuntas mencapai KKM
75 pada tes awal 7 orang siswa (28,0%), setelah dilakukan post test siklus I
ketuntasan naik siswa yang tuntas menjadi 11 orang siswa persentase ketuntasan
(44,0%) dan pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 21 orang siswa
yang tuntas dengan persentase (84,0%). Dengan demikian hipotesis penelitian
yaitu “Ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK PAB 3
MEDAN ESTATE dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside
Circle Untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa tahun pembelajaran
2018/2019”, ini berarti siswa sudah mencapai nilai KKM yang diharapkan guru.