Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Snowball Throwing terhadap Kreativitas siswa dan pengaruh model pembelajaran
Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi
Kelas X SMK Istiqlal Deli Tua.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya
adalah bersifat Asosiatif. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa
kelas X Smk Istiqlal Delitua yang berjumlah 36 orang siswa. Adapun teknik
sampling yang digunakan yaitu total sampling.dimana seluruh anggota populasi
dijadikan sampel. Instrumen penelitian ini terdiri dari 20 item angket model
pembelajaran snowball throwing, 20 item angket Kreativitas dan tes hasil belajar
5 soal essay dari hasil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa , pada uji validitas tes dianggap valid
karena nilai rtabel 0,329. Hasil Nilai reabilitas cronbachs alpha 0,432, hasil nilai
normalitas snowball throwing sebesar 0,039, nilai normalitas Kreatifitas sebesar
0,040, dan hasil uji normalitas hasil belajar sebesar 0,135 maka seluruh variabel
data penelitian berdistribusi normal. Uji regresi linier variabel model
pembelajaran snowbal throwing (X) 0,060 berpengaruh terhadap hasil belajar
(Y2) 73,123, dan variabel model pembelajaran snowball throwing (X) sebesar
0,523 berpengaruh terhadap Kreativitas (Y) sebesar 29,553.