Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Diah Dwi
dc.date.accessioned 2020-10-23T08:38:12Z
dc.date.available 2020-10-23T08:38:12Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5936
dc.description.abstract Mata pelajaran akuntansi merupakan mata pelajaran yang cukup sulit tetapi menarik bagi siswa. Hal ini terlihat dari antusisas siswa saat belajar akuntansi namun disayangkan hasil evaluasi harian siswa masih banyak yang dbawah standar nilai yang ditentukan. Salah satu cara yang tepat dalam mengatasi keadaan ini yaitu dengan cara mengajak siswa mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk memahami, mengamati, merencanakan serta mengkomunikasikan hasil pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya strategi guru dalam proses belajar mengjar yaitu menggunakan model yang sesuai denganmateri pelajaran yang akan diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKS. Model ini dapat membantu siswa dalam mengonstruk pengetahuan dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Stabat. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sampel berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data hasil belajar siswa dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKS terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Terlihat pada nilai thitng = 6,725 > ttabel = 1,689. Hal ini berarti Hoditolak dan Haditerima. en_US
dc.subject Contextual Teaching and Learning (CTL) en_US
dc.subject LKS en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account