Abstract:
Mata pelajaran akuntansi merupakan mata pelajaran yang cukup sulit
tetapi menarik bagi siswa. Hal ini terlihat dari antusisas siswa saat belajar
akuntansi namun disayangkan hasil evaluasi harian siswa masih banyak yang
dbawah standar nilai yang ditentukan. Salah satu cara yang tepat dalam mengatasi
keadaan ini yaitu dengan cara mengajak siswa mengembangkan ilmu yang
dimilikinya untuk memahami, mengamati, merencanakan serta
mengkomunikasikan hasil pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya strategi guru
dalam proses belajar mengjar yaitu menggunakan model yang sesuai
denganmateri pelajaran yang akan diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang
bisa digunakan yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) berbantu LKS. Model ini dapat membantu siswa dalam mengonstruk
pengetahuan dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) berbantuan LKS terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK
Negeri 1 Stabat. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitiannya adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X
Akuntansi SMK Negeri 1 Stabat. Pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling. Sampel berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data melalui
observasi dan tes. Analisis data hasil belajar siswa dengan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifkan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKS terhadap
hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Terlihat pada nilai thitng = 6,725
> ttabel = 1,689. Hal ini berarti Hoditolak dan Haditerima.