Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa setelah penerapan media pembelajaran berbasis internet (Kahoot!) pada
materi pokok Bukti Transaksi di SMK Swasta T. Amir Hamzah Indrapura T.P
2019-2020.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek
penelitian siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Swasta T. Amir
Hamzah Indrapura. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan
menerapkan media pembelajaran berbasis internet (Kahoot!). Guru menjelaskan
materi seperti biasa sesuai panduan RPP dan media Kahoot! digunakan untuk
sarana evaluasi, agar pembelajaran tidak membosankan, menjadi menarik dan
siswa menjadi aktif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan informasi dari
siklus yang terdahulu sangat berpengaru pada siklus selanjutnya karna sebagai
digunakan sebagi penentu. Data penelitian ini meliputi tes hasil belajar siswa dan
observasi aktifitas siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran
berbasis internet (Kahoot!) dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi siswa
SMK Swasta T. Amir Hamzah Indrapura. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pra
siklus hanya mencapai 62,03 dengan persentase ketuntasan klasikal 25%. Setelah
diterapkan media pembelajaran Kahoot! pada siklus I rata-rata hasil belajar
mencapai 78,12 dengan persentase ketuntasan klasikal 81,25%, sedangkan pada
siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 85,37 dengan persentase
ketuntasan klasikal 96,88%. Tanggapan siswa mengenai media pembelajaran
Kahoot! adalah 100% menyenangkan, siswa menjadi aktif dan dapat membantu
memahami materi pelajaran.