Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Berbantu Media CD Tutorial Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Mawarti, Devi
dc.date.accessioned 2020-10-23T08:33:32Z
dc.date.available 2020-10-23T08:33:32Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5932
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model explicit intruction berbantu media CD tutorial terhadap hasil belajar siswa pada materi jurnal umum. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan melibatkan 35 siswa kelas XI Akuntasni sebagai sampel di SMK Negeri 1 Stabat. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran bahwa : (1) sebelum penerapan model explicit intruction , skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 69,5 yang tergolong kategori rendah. Sementara setelah penerapan model explicit intuction berbantu media CD tutorial skor rata-rata hasil belajar siswa 85 yang tergolong kategori tinggi; (2) persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100 % yang memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran explicit intruction berbantu media CD tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal umum kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1Stabat. Dengan demikian, model explicit intruction merupakan alternatif perbaikan pembelajaran dimana materi jurnal umum diajarkan secara terstruktur dan siswa diberi penguatan berupa CD yang didalamnya berisi mater jurnal umum. en_US
dc.subject Model Explicit Intuction en_US
dc.subject CD tutorial en_US
dc.subject Jurnal Umum en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Berbantu Media CD Tutorial Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account