Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model explicit
intruction berbantu media CD tutorial terhadap hasil belajar siswa pada materi
jurnal umum. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan
melibatkan 35 siswa kelas XI Akuntasni sebagai sampel di SMK Negeri 1 Stabat.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran bahwa : (1) sebelum
penerapan model explicit intruction , skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 69,5
yang tergolong kategori rendah. Sementara setelah penerapan model explicit
intuction berbantu media CD tutorial skor rata-rata hasil belajar siswa 85 yang
tergolong kategori tinggi; (2) persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
100 % yang memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar secara klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
explicit intruction berbantu media CD tutorial dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi jurnal umum kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1Stabat. Dengan
demikian, model explicit intruction merupakan alternatif perbaikan pembelajaran
dimana materi jurnal umum diajarkan secara terstruktur dan siswa diberi
penguatan berupa CD yang didalamnya berisi mater jurnal umum.