Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui (1) minat menjadi guru
pada mahasiswa semester VIII Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara; (2) pengaruh hasil belajar micro teaching
terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa semester VIII Prodi Pendidikan
Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan
penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data berupa data hasil
menyebar angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
mengumpulkan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan ditribusi frekuensi dan uji normalitas. Sedangkan uji hipotesis
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana, uji “t”, dan uji
koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) berdasarkan uji validitas
menunjukkan rhitung>rtabel maka item pernyataan dianggap valid dengan taraf
signifikan 0,05 dan diketahui bahwa dari 20 item pernyataan terdapat 1 item yang
tidak valid dikarenakan koefisien korelasi <0,194. (2) diketahui nilai costantnya
57,864 dan nilai minat menjadi guru adalah 0,424, dari keterangan tersebut
diperoleh persamaan regresi linier sederhana adalah Y= 57,864 + 0,424X dengan
begitu dapat disimpulkan bahwa dari setiap penambahan 1 unit variable bebas
akan meningkatkan nilai variable terikat sebesar 0,424. (3) berdasarkan nilai uji
“t” diketahui nilai thitung 6,364 >ttabel 1,983 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar micro teaching berpengaruh terhadap minat menjadi guru. (4) berdasarkan
uji determinasi menunjukan bahwa nilai R Square sebesar 0,286 yang artinya hasil
belajar micro teaching terhadap minat menjadi guru sebesar 28,6% dan sisanya
71,4% dipengaruhi oleh faktor lain.