Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar
terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi (2) Pengaruh Status Sosial
Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi (3)
Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara
bersamasama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK Harapan Mekar 2 Medan
Tahun pembelajaran 2019/2020 berjumlah 26 siswa.Pengumpulan data dengan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis berganda dengan menggunakan uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Minat
Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi diperoleh nilai koefisien regresi 0,416,
dan nilai signifikansi 0,026 dengan nilai thitung 2,383>2.068 ttabel berdasarkan
kesimpulan semakin tinggi motivasi belajar siswa semakin tinggi minat
melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (2) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang
Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI
AK SMK Harapan Mekar 2 Medan. Diperoleh nilai koefisien regresi 0,416. nilai
signifikansi 0,044 dengan nilai thitung 2,134>2.068 ttabel berdasarkan kesimpulan
semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi minat
melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (3) pengaruh motivasi belajar dan status
sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi
pada siswa kelas XI AK SMK Harapan Mekar 2 Medan sebesar 34,9% (0,349 x
100% ) dan sisanya 65,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.