Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah dengan penerapan model
pembelajaran Artikulasi pada pembelajaran Akuntansi dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020”.
Tujuan penelitian ini adalah “Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui
penerapan model pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran Akuntansi kelas
XI AK 1 SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020”
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 6
Medan yang berjumlah 36 siswa.Objek yang diteliti adalah upaya meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi dengan menggunakan model
pembelajaran Artikulasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah
tes,lembar observasi aktivitas siswa,lembar observasi aktivitas guru,serta lembar
situasi dan kondisi kelas selama proses pembelajaran berlangsung.Nilai ulangan
harian awal terdapat 47,22% yang tuntas dengan nilai rata-rata 70,55,pada siklus
I terdapat 66,67% yang tuntas dengan nilai rata-rata 75,kemudian pada siklus II
terdapat 88,89% yang tuntas dengan nilai rata-rata 78,89.Dengan demikian ada
peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Artikulasi,dimana hasil belajar ini tentu nantinya akan mempengaruhi prestasi
belajar mereka masing-masing. Berdasarkan observasi, penelitian, pembahasan serta analisis data yang
akan diuraikan pada skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa pelajaran Akuntansi
dengan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas XI SMK Negeri 6 Medan.