Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar
siswa akuntansi kelas XI AKL 2 SMK Swasta Jambi Medan melalui pembelajaran
Inquiry. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
akuntansi kelas XI AKL 2 SMK Jambi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di
SMK Swasta Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No.116 Medan
Tembung. Subjek yang digunakan adalah seluruh kelas XI AKL 2 yang berjumlah
30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi dengan
pembelajaran inquiry. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan
observasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang
diberikan kepada siswa yang berisikan 10 soal. Observasi yang dilakukan adalah
observasi aktivitas siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam
proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil tes pada siklus I persentase hasil
belajar akuntansi di kelas XI AKL 2 sebesar (43,33%) (kriteria rendah).
Padasiklus II mengalami peningkatan yaitu di kelas XI AKL 2 sebesar 87%
(kriteria tinggi). “Ada peningkatan hasil belajar siswa akuntansi pada materi
jurnal khusus dengan menggunakan pembelajaran Inquirypada SMK Swasta
Jambi Medan TahunPelajaran 2019/2020”.