Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana proses
pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Umum di SMA
SINAR HUSNI HELVETIA dengan model pembelajaran pembelajaran
Numbered Head Together, 2) Meningkatan hasil belajar peserta didik
dengan model pembelajaran Numbered Head Together pada akuntansi
jurnal umum di SMA SINAR HUSNI HELVETIA.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
dilakukan pada bulan Maret hingga bulan September 2019 di SMAA
SINAR HUSNI HELVETIA.. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas
XII Ips SM A SINAR HUSNI HELVETIA. berjumlah 29 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi dan tes hasil
belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi pada
pokok bahasan jurnal umum menggunakan model pembelajaran Numbered
Head Together dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan jurnal
umum meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I menunjukkan
presentase ketuntasan sebesar 44,82% meningkat pada siklus ke II
menunjukkan presentase ketuntasan sebesar 86,20% dengan peningkatan
keaktifan sebesar 41,38%.