Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan
kewirausahaan terhadap pembentukan sikap wirausaha pada siswa SMA
Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020. Jumlah sampel pada penelitian ini
adalah 59 siswa kelas XI IS SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bentuk pendidikan kewirausahaan di SMA Muhammadiyah
18 Sunggal ini menggunakan kurikulum 2013 yang mana terdapat beberapa
tahapan yang meliputi tahap penyusunan, tahap penyetujuan dari kepala sekolah
dan tahap pelaksanaan. lapangan pekerjaan. Bentuk kegiatan pendidikan
kewirausahaan di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal dapat diinternalisasikan
melalui beberapa aspek, yaitu dapat di integrasikan melalui mata pelajaran,
melalui kegiatan ekstrakurikuler, melalui kegiatan-kegiatan sekolah, melalui
muatan lokal, dan melalui buku atau bahan ajar. Ada pengaruh antara Pendidikan
Kewirausahaan terhadap Pembentukan Sikap Wirausaha kelas XI di SMA
Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat diketahui
dari hasil perhitungan di atas dapat diketahui bahwa thitung sebesar 3,625 jika
dibandingkan dengan ttabel 1,672. Hal ini berarti thitung 3,625 > ttabel 1,672. Hal ini
berarti adanya pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Pembentukan Sikap
Wirausaha Kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran
2019/2020. Hasil uji determinasinya sebesar 18,7. Hal ini berarti adanya
pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Pembentukan Sikap Wirausaha
SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2019/2020. Sisanya sekitar
81,3% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.