Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Penerapan Strategi
Pembelajaran Small Group Work Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas X SMK Swasta Bandung?”.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK setelah diterapkan Strategi
Pembelajaran Small Group Work tahun pelajaran 2019/2020.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Swasta
Bandung yang keseluruhannya berjumlah 23siswa. Sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Small Group Work untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa, serta lembar observasi siswa selama
proses pembelajaran berlangsung. Pada hasil belajar awal terdapat 30,4% dengan
nilai rata-rata 71,91 pada siklus I terdapat 52,17% dengan nilai rata-rata 75,39%
sedangkan pada siklus II terdapat 86,96% dengan nilai rata-rata 80,13%. Dengan
demikian ada peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dalam proes
belajar mengajar pada Kompetenti jurnal umum. Berdasarkan hasil tes tersebut
dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Small Group Work dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung Tahun
pelajaran 2019/2020.