Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai apakah pembelajaran akuntansi
menggunakan media komik digital dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi
kelas XI – Ak SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
yang berjumlah 25 orang siswa dalam 1 kelas.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan Pre-test dan Post–test. Dari hasil Pre-test siswa sebelum
menggunakan media Komik digital hanya 10 siswa (10%) yang tuntas dan 15
siswa (60%) yang tidak tuntas. Dapat terlihat sangat rendahnya hasil belajar
siswa. Tetapi setelah menggunakan media komik digital hasil belajar siswa tinggi
dapat terlihat dari hasil Post–test. yaitu 24 siswa (96%) dinyatakan tuntas dan
hanya 1 siswa (4%) yang tidak tuntas. Selain itu hasil penelitian diperoleh dari
hasil uji hipotesis thitung 3,715 dan ttabel 1,708 maka thitung > ttabel sehingga dapat
disimpulkan ada Pengaruh Media Komik Digital Terhadap Hasil Belajar
Akuntansi pada siswa kelas XI – Ak SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.