Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode
Accelerated Learning dengan menggunakan media animasi Macromedia
Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK PAB 2
HELVETIA MEDAN. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi
SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas X Akuntansi yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini
adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode
Accelerated Learning dengan menggunakan media animasi Macromedia
Flash. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk melihat
hasil belajar siswa. Adapun teknik analisa datanya dengan menggunakan
data kualitatif. Dari hasil analisa data yang diperoleh, hasil belajar pada
observasi data awal siswa yang tuntas 10 orang atau 28,57%. Data postes
siklus I siswa yang tuntas 31 orang atau 88,57% . Sedangkan postes siklus
II siswa yang tuntas 35 orang atau 100%. Dapat dilihat ada peningkatan
hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 11,43%.
Dari perolehan hasil belajar siswa, disimpulkan bahwa dengan
menerapkan metode Accelerated Learning dengan menggunakan media
animasi Macromedia Flash dikelas X Akuntansi SMK PAB 2
HELVETIA MEDAN Tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan
hasil belajar akuntansi dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam
pembelajaran akuntansi.