Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akuntansi
setelah diterapkan model Blended Learning pada siswa kelas XI Akuntansi tahun
pelajaran 2019/2020 di SMK Panca Budi 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah
PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap
perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa Kelas XI Akuntansi SMK Panca Budi 2 Medan, yang berjumlah 45
orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Akuntansi.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data dianalisis
dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi
peningkatan persentase hasil belajar Akuntansi pada kelas XI Akuntansi di SMK
Panca Budi 2 Medan. Berdasarkan hasil tes pada siklus I rata-rata persentase hasil
belajar Akuntansi siswa mencapai 55,56% (kriteria rendah). Pada siklus II ratarata persentase hasil belajar Akuntansi siswa mengalami peningkatan menjadi
100% (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
penerapan Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa
kelas XI Akuntansi SMK Panca Budi 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.