Research Repository

PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Pasaribu, Uli
dc.date.accessioned 2020-10-23T08:01:55Z
dc.date.available 2020-10-23T08:01:55Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5889
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh variasi mengajar dan lingkungan belajar, terhadap hasil belajar akuntansi siswa Siswa Smk Yayasan Perguruan Bandung Medan T.P 2019/2020 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekspost facto. Penelitian ex post facto merupakan penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi. Populasi penelitian ini adalah Siswa SMK Yayasan Perguruan Bandung Medan kelas XI yang berjumlah 23 orang dan kelas XII yang berjumlah 33 orang. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah TotalSampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi sebagai alat yang digunakan untuk pengambilan data di lapangan. Dari hasil penelitainDengan mengunakan uji hipotesis yaitu uji t diketahui menyatakan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,212 > 1,67356, hal ini menyatakan bahwavariabel lingkunganbelajar memiliki pengaruh yang signifikan dengan variabel nilai siswa. Untuk variasi mengajar, dengan mengunakan uji hipotesis yaitu uji t diketahui menyatakanbahwa thitung < ttabel yaitu -1,629 < 1,67356, hal ini menyatakan bahwavariabel variasimengajartidakmemiliki pengaruh yang signifikan dengan variabel nilai siswa, besarnya pengaruh lingkunganbelajardanvariasimengajarterhadap nilai siswasebesar 0,085 atau 8,5 % sedangkan sisanya sebesar 91,5 %dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti disiplin, fasilitas belajar, dan sebagainya. Dari keteranagn di atas dapat disimpulkan bahwa variabel variasi mengajar dan lingkungan belajarsecara serentak tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan variabel hasil belajar siswa. en_US
dc.subject Variasi en_US
dc.subject Lingkungan en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account