Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh variasi mengajar dan
lingkungan belajar, terhadap hasil belajar akuntansi siswa Siswa Smk Yayasan
Perguruan Bandung Medan T.P 2019/2020
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekspost facto. Penelitian
ex post facto merupakan penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang
memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu
peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas
yang secara keseluruhan sudah terjadi.
Populasi penelitian ini adalah Siswa SMK Yayasan Perguruan Bandung Medan kelas
XI yang berjumlah 23 orang dan kelas XII yang berjumlah 33 orang. Sampel yang
dipakai dalam penelitian ini adalah TotalSampling. Instrument penelitian yang
digunakan adalah angket dan dokumentasi sebagai alat yang digunakan untuk
pengambilan data di lapangan.
Dari hasil penelitainDengan mengunakan uji hipotesis yaitu uji t diketahui
menyatakan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,212 > 1,67356, hal ini menyatakan
bahwavariabel lingkunganbelajar memiliki pengaruh yang signifikan dengan variabel
nilai siswa. Untuk variasi mengajar, dengan mengunakan uji hipotesis yaitu uji t
diketahui menyatakanbahwa thitung < ttabel yaitu -1,629 < 1,67356, hal ini menyatakan
bahwavariabel variasimengajartidakmemiliki pengaruh yang signifikan dengan
variabel nilai siswa, besarnya pengaruh
lingkunganbelajardanvariasimengajarterhadap nilai siswasebesar 0,085 atau 8,5 %
sedangkan sisanya sebesar 91,5 %dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
seperti disiplin, fasilitas belajar, dan sebagainya. Dari keteranagn di atas dapat
disimpulkan bahwa variabel variasi mengajar dan lingkungan belajarsecara serentak
tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan variabel hasil belajar siswa.