Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akuntansi setelah diterapkan model pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Powerpoint pada siswa kelas XI Ak tahun pembelajaran 2019/2020 di SMK Ar-Rahman Medan. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak SMK Ar-Rahman Medan, yang berjumlah 42 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Dari analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pre test) siswa yang tuntas 6 orang atau 14,29%. Data postest siklus I siswa yang tuntas 33 orang atau 78,57%. Sedangkan postest silkus II 40 orang siswa yang tuntas atau 95,24%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I ke postest siklus II sebesar 16,67%. Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Powerpoint pada materi dana kas kecil (petty cash) di kelas XI SMK Ar-Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Powerpoint dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.