Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa.
Permasalahan di dalam penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X yang terdiri dari satu kelas dan jumlah 27 orang siswa yang
mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning.
Pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil yang diinginkan yaitu
menggunakan angket dan tes. Dimana sebelumnya telah diuji untuk validitas,
reabilitas, dan uji hipotesis, sehingga dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
siswa mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan dengan menggunakan
model pembelajaran discovery learning. Hipotesis penelitian ini diuji dengan
menggunakan program spss dengan taraf signifikan α=0,05, sehingga diperoleh
nilai thitung sebesar 4,525 dengan ttabel sebesar 1,708. Maka hasil hipotesis Ha
diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa
pada materi jurnal umum di kelas X SMK Swasta YWKA Medan tahun
pembelajaran 2019/2020.