Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh persepsi
siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap terhadap prestasi belajar
akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. (2)
untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap terhadap prestasi belajar
akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. (3)
untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru
dan fasilitas belajar terhadap terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK PAB
2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif yang
bermaksud menjelaskan dan mendeskripsikan data penelitian yang diperoleh,
peristiwa, atau kejadian masa sekarang dengan cara menguji teori-teori dengan
menggunakan analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK
PAB 2 Helvetia Medan yang berjumlah 156 siswa. Sampel yang digunakan adalah
61 siswa yang terdiri dari 14 siswa dari kelas X-Ak, 11 siswa dari kelas XI-AK1
, 8
siswa dari kelas XI-AK2
, 14 siswa dari kelas XII-AK1
, dan 14 siswa dari kelas
XII-AK2
.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh positif
yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar
akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Berdasarkan pada uji t didapatkan koefisien keterampilan mengajar guru sebesar
0,010 dan thitung 2,659 > ttabel 1,670 pada taraf signifikan 0,05. (2) Terdapat
pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar siswa terhadap prestasi
belajar akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran
2019/2020. Hal ini berdasarkan pada uji t didapatkan koefisien fasilitas belajar
siswa sebesar 0,017 dan thitung 2,458 > ttabel 1,670 pada taraf signifikan 0,05. (3)
Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dan
fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia
Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hal ini berdasarkan pada uji regresi linier
ganda didapatkan pengujian Fhitung sebesar 8,697 > Ftabel sebesar 2,76 pada taraf
signifikan 0,05. Berdasarkan uji (R2
) mengindikasikan bahwa 23,1% variasi atau
perubahan dalam prestasi belajar akuntansi siswa dapat dijelaskan oleh variasi
keterampilan mengajar guru dan fasilitan belajar siswa.