Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa dan penggunaan sumber belajar yang terbatas pada saat proses terjadinya
kegiatan pembelajaran pada kelas X AK SMK Istiqlal Delitua”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar
akuntansi siswa pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi siswa kelas X AK
SMK Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2019 /2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK
Istiqlal Delitua yang beralamat Jalan Stasiun No. 1 A Desa Suka Makmur,
Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20355. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AK yang terdiri dari
satu kelas yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh
kelas X AK yang berjumlah 36 siswa sebagai sampel penelitian. Instrument
penelitian yang digunakan adalah terdiri dari 20 item kuesioner sumber belajar dan
tes hasil belajar 5 soal essay yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dari hasil validitas tes di peroleh nilai korelasi sebesar 0,484 dengan demikian
instrument tersebut valid sebagai alat untuk pengumpulan data. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji Kolmogorov
– Smirnov Goodness of Fit Tes untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan
teknik regresi dari korelasi dimana pengujian signifikansi koefisien digunakan uji
t. Persamaan regresi linear sebesar Y = 60,240 + 0,224X. Uji hipotesis yang
diperoleh adalah thitung sebesar 2,978 Berdasarkan uji t maka thitung > ttabel pada
signifikansi alpha 0,05 sebesar 1,691 jauh lebih kecil dari pada dengan thitung sebesar
2,978, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil data yang diperoleh, dapat
disimpulkan bahwa “ Ada pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa
SMK Istiqlal Delitus Tahun Ajaran 2019 / 2020”.