Research Repository

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XII MAM 01 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Hutagalung, Riky Kurniawan
dc.date.accessioned 2020-10-23T07:37:19Z
dc.date.available 2020-10-23T07:37:19Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5862
dc.description.abstract Penelitian ini dibuat untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan strategi pembelajaran problem solving pada mata pelajaran fiqih di kelas XII MAM 01 Medan.Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran problem solving pada mata pelajaran fiqih di kelas XII MAM 01 Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan berdasarkan paradigma, strategi dan implementasi model secara kualitatif. bertujuan untuk menjabarkan secara deskriptif mengenai kondisi lapangan dan peristiwa yang terjadi di lokasi penelitian. Yaitu tentang proses belajar mengajar yang diterapkan di MAM 01 Medan khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Hasil penelitian penerapan metode problem solving dalam pembelajaran fiqih yakni pelaksanaan metode problem solving guru melakukan pembelajaran yang bervariasi, agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh, membawa siswa nyaman pada metode yang digunakan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam pelaksanaan penerapan metode problem solving guru menggambarkan bahwa dalam penerapan metode problem solving siswa melakukan obsevasi terkait materi yang diminta guru, sebagai tugas siswa dirumah dengan berkelompok. Melatih siswa untuk terjun kemasyarakat/lingkungan sekitarnya. tahap terakhir adalah kegiatan evaluasi atau tindak lanjut dilakukan setelah proses metode problem solving selesai, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tindak lanjut melakukan sendiri. Dari pelaksanaannya, penilaian menggunakan acuan nilai-nilai yang sifatnya lebih menyiapkan situasi dari pada pemberian informasi. en_US
dc.subject Kompetensi Pedagogik Guru en_US
dc.subject Metode Problem solving en_US
dc.title IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XII MAM 01 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account