Abstract:
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan
Agama Islam dalam merencanakan strategi pembelajaran problem solving pada mata
pelajaran fiqih di kelas XII MAM 01 Medan.Untuk mengetahui kompetensi pedagogik
guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran problem solving pada mata pelajaran
fiqih di kelas XII MAM 01 Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan
berdasarkan paradigma, strategi dan implementasi model secara kualitatif. bertujuan
untuk menjabarkan secara deskriptif mengenai kondisi lapangan dan peristiwa yang
terjadi di lokasi penelitian. Yaitu tentang proses belajar mengajar yang diterapkan di
MAM 01 Medan khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Hasil penelitian penerapan
metode problem solving dalam pembelajaran fiqih yakni pelaksanaan metode problem
solving guru melakukan pembelajaran yang bervariasi, agar siswa tidak merasa bosan
dan jenuh, membawa siswa nyaman pada metode yang digunakan dan mencapai tujuan
yang diinginkan. Dalam pelaksanaan penerapan metode problem solving guru
menggambarkan bahwa dalam penerapan metode problem solving siswa melakukan
obsevasi terkait materi yang diminta guru, sebagai tugas siswa dirumah dengan
berkelompok. Melatih siswa untuk terjun kemasyarakat/lingkungan sekitarnya. tahap
terakhir adalah kegiatan evaluasi atau tindak lanjut dilakukan setelah proses metode
problem solving selesai, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tindak lanjut
melakukan sendiri. Dari pelaksanaannya, penilaian menggunakan acuan nilai-nilai yang
sifatnya lebih menyiapkan situasi dari pada pemberian informasi.