Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada
mata pelajaran pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII SMP Swasta
Muhammadiyah 49 Medan. Penerapan Model pembelajaran Probing Prompting
bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran
Probing Prompting terhadap hasil belajar siswa.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Metode
penelitianeksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan
untukmencari pengaruh ataupun perbedaan perlakuan tertentu terhadap yang
lain dalamkondisi yang terkendalikan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model
pembelajaranProbing Prompting terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP
Swasta Muhammadiyah 49 Medan sangat terpengaruh, ini dibuktikan dari hasil
koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment
pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,808 lebih besar dari rtabel baik
itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,361 dan 0,463) dengan formulasi
perbandingan yaitu (0,808 ≥ 0,361 dan 0,463). Maka dapat disimpulkan bahwa
“terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran Probing Prompting
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIdi SMP Swasta
Muhammadiyah 49 Medan